AyubAdiputra | Odd Blogger | Programming


Apa Itu Blog ?

Suatu hal yang sering saya orasikan tetapi belum pernah saya tulis dalam Blog ini adalah tentang definisi Blog. Di Google telah banyak beredar artikel yang menceritakan dan memberikan definisi tentang definisi blog. Namun, tidak ada salahnya pula kali ini saya akan memberikan sedikit suguhan cerita tentang definisi blog berdasarkan apa yang saya tahu.


Bentuk dan Fungsi Blog

Halaman situs yang Anda lihat di browser saat ini adalah contoh dari sebuah halaman Blog. Sama seperti halaman web lain, blog juga terdiri dari sekumpulan kode html yang selanjutnya dirubah agar dapat menampilkan bentuk tulisan di jendela browser kita. Blog bisa disebut sebagai Weblog. Blog adalah media tulis sosial yang saya gunakan saat ini. Blog merupakan media sosial untuk berbagi info dan kabar. Blog adalah suatu tempat di ranah dunia maya yang berisikan berbagai macam informasi yang dituangkan dalam bentuk tulisan, dilukis dalam bentuk gambar dan diorasikan dalam bentuk suara.

Awalnya blog adalah media untuk menulis diary. Seperti kita tahu, diary itu semacam buku catatan yang berisi tentang peristiwa dan kejadian yang terjadi dalam satu hari. Seperti yang saya lihat pada kebanyakan blog yang sudah lama ada. Namun, saat ini blog semakin berkembang. Baik dari konten hingga fungsi dari blog itu sendiri yang semakin lama semakin komplek.

Platform Untuk Membuat Blog

Platform yang biasa digunakan untuk blog yaitu wordpress, tumblr, multiply, blogspot dan lainnya. Tentu saja blogspot tetap jadi favorit saya, jelas karena gratis dan mudah navigasi maupun penggunaannya. Termasuk blog ini yang masih menumpang ngekost di blogspot. Blogspot adalah situs penyedia domain gratisan yang dimiliki oleh Google. Banyak sekali kemudahan yang disediakan oleh Google dalam blogspot. Sehingga, blogspot sangat cocok bagi mereka yang baru saja terjun ke dalam dunia blogging untuk belajar terlebih dahulu membuat, merancang dan mengelola blog sederhana.

Isi Dari Blog

Konten blog itu beragam. Mulai dari update informasi, mulai dari informasi bola hingga berita nasional. Komunitas, mulai dari perkenalan komunitas hingga kegiatan harian. ilmu pengetahuan, mulai yang bebarbau alam, teknologi, pengetahuan dasar, aritmatika, komputer dan lain sebagainya. Jadwal, mulai dari penyediaan jadwal transportasi hingga jadwal kegiatan orang atau organisasi. Catatan pribadi, mulai dari pengalaman hingga penelitian pribadi yang semuanya ditulis dalam sebuah blog. Diary, mulai dari acara narsis habis ditembak cowok hingga tulisan puisi gombal maupun kegiatan dan peristiwa harian lainnya. Informasi bisnis, mulai dari yang online sampai yang offline. Media pengumpulan tugas, baik untuk mahasiswa yang sedang kuliah ataupun pelajar yang tetap rajin berangkat sekolah.

Perkembangan Blog Saat Ini

Semakin tua umur bumi maka semakin berkembang pula fungsi dan isi dari blog. Saat ini, blog juga dapat digunakan untuk memperoleh penghasilan dengan melakukan kerja sama sebagai publisher iklan. Mulai dari PPC, PPI, PPR dan lain sebagainya. Walaupun upah yang diberikan oleh Advertiser kecil, misal untuk PPC hanya berkisar antara 100 sampai 3000 rupiah untuk setiap kliknya, penghasilan jutaan rupiah bisa diperoleh mengingat dalam satu hari bisa saja pengunjung yang datang bisa mencapai ratusan bahkan ribuan. Sehingga, potensi yang mungkin bisa dihasilkan oleh hasil klik iklan dari pengunjung semakin besar. Hal ini tentunya akan berbanding lurus dengan penghasilan yang akan diperoleh.

Selain dengan menjadi publisher, beberapa blogger juga mencoba untuk menjajakan barang dagangannya secara online. Mulai dari keperluan sandang, pangan, papan, ebook dan lain sebagainya. Dengan perkembangan teknologi hal ini semakin mungkin dilakukan. Apalagi dengan kemudahan transaksi perbankan juga semakin memanjakan berbagai macam proses jual beli online ini. Tapi tetap perlu diingat, sebaiknya kita tetap bijak dan berhati-hati ketika akan membeli. Dan juga bersikap adil, menjaga amanat dan tidak berniat menipu ketika kita akan melakukan penjualan barang secara online.

Namun, tidak jarang juga blog disalah gunakan untuk kegiatan yang terlarang. Digunakan untuk melakukan perbuatan ilegal atau bahkan digunakan untuk mengadu domba dan mencemarkan nama baik seseorang maupun suatu kelompok. Dan bagi saya itu bukanlah hal yang patut dicontoh.

Bagi saya pribadi blog adalah tempat yang sangat cocok untuk berbagi, baik pengalaman, cerita ataupun ilmu pengetahuan. Apapun bisa Anda share di blog selama apa yang kita bagikan itu tidak melanggar peraturan dan juga tidak mengganggu hak-hak yang dimiliki orang lain. Sekian dan terima kasih. Happy Blogging !!!

2 Komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik dan sangat bermnfaat. Terimakasih gan, sudha menjelaskan Arti blog sngat mendetail.

    BalasHapus

Feel free to post a comment here. Tanggapan, pertanyaan, kritikan dan permintaan sangat berguna demi kemajuan blog ini. Mohon maaf untuk komentar spam dan yang hanya mencari backlink/beriklan atau kunjungan balik semata tidak akan ditampilkan. Be a smart comentator, thanks and happy surfing !!!

 

Statistik

Subscribers

Display Pagerank

Join This Blog