Beberapa hari kemarin jatah kegiatan online memang lagi seret-seretnya. Ibarat sumur tanpa air, haus banget rasanya pengen online, terlebih lagi blogging. Mengingat banyak banget kegiatan membosankan yang penting dan jauh lebih banyak lagi acara nggak mutu yang harus segera diselesaikan jadi kegiatan blogging mesti ngalah #soksibuk.
Kali ini sebenarnya saya lagi nggak ada bahan untuk posting. Tapi berhubung tangan gatel banget pengen menulis jadi hari ini saya cuma share artikel tentang pengalaman saya selaku mantan montir. Beberapa hari kemarin saya memang lagi dikejar deadline buat benerin motor. Soalnya motor itu harus segera bisa dijalankan dengan performa, torsi serta speed maksimal baik di trek basah ataupun kering. Bahasa enaknya daripada motornya nganggur ya mending dipakai buat kuliah.
Mengingat saya ini cuma seorang blogger merangkap montir jadi-jadian, maka saya perlu waktu agak lama buat menghidupkan motor yang nggak bisa apa-apa jadi hidup dan mampu berjalan. Maklum, pasca kecelakaan tragis 19 Desember 2009 motor ini memang asal-asal hidup. Kerusakannya juga cukup marah. Mau benerin ke bengkel juga males bawanya, alhasil benerin sendiri saja deh. Jadi dalam perancanaan perbaikan ini saya bagi dalam 3 tahap. Pertama mesin hidup. Kedua kelistrikan aktif dan motor bisa jalan. Terakhir finishing + ganti beberapa bagian. Alhamdulillah setelah beberapa hari ini sudah beres sampai tahap 2.
Paling nggak motor sudah bisa jalan dan kelistrikan bisa dipakai dengan normal. Kurang lampu riting (sein) sebenarnya, agak konslet (kayak yang nulis). Masalah di motorku kalau flasher dipasang waktu nyalain riting (sein), lampu netral ikut-ikutan kedip (kayak ajeb-ajeb sendiri gitu). Firasat gue ini motor mau ngajakin dugem nih, lampunya ajeb-ajeb mulu !!! Flasher itu apa bang? Alien atau sejenis makanan pokok? Flasher itu sejenis komponen kelistrikan yang kerjanya memutus sambungkan arus secara berkala lewat mekanisme induksi magnetik dari kumparan. Isitilah gampangnya komponen yang kerjanya ngedip-ngedipin lampu riting.
Ohh iya, motor saya di sini motor 2 tak, F1ZR. Motor tua lah, tahun 2003. Tapi body masih oke kok. Spesifikasi motor : blue metalic, 110 cc, 2 stroke engine, 4 transmisi kecepatan, masih ori spare partnya, dan yang jelas yang punya ganteng (jangan percaya, fitnah !!!). Motor pertama yang saya punya, yang pernah jadi saksi saya tabrakan, motor buat pacaran dulu dan motor yang sebenarnya mewah menurut saya tapi jadi alat fogging bagi orang lain. Asepnya ? Hemmm...bayangin sendiri deh.
Kok lama mas ngerjain motornya? Waktu, ya sekali lagi waktu yang memisahkan antara aku dan si F1ZR. Waktu ngerjainnya sehari cuma dari jam 2 siang sampai jam 4 sore. Maklum, baru bangun jam 2 siang terus pukul 4 sore bantu-bantu buat buka atau main PS di kamar. Lagian juga ada beberapa komponen yang sudah nggak diproduksi lagi. Jadi mesti ngubrek-ngubrek bengkel se kota bahkan sampai keluar kota kalau nggak ada. Makin lama saja waktunya.
Nah, sekarang yang belum tinggal ganti knalpot, jok, beli + pasang aki, naikin shock breaker dan ganti kaca lampu belakang + ritting. Dan semoga tahap 3 ini bisa selesai sebelum lebaran, Amin. Dan yang paling penting semoga kucuran dana untuk membeli barang-barang tersebut segera turun dari langit, Amin... Salam drei dan piston !!!
wew bisa ngebut-ngebut lagi dong kalo udah diperbaiki motornya. :)
BalasHapus@DAW-XP
BalasHapusDilarang kebut-kebutan mas, nanti jatuh lagi hehe...