AyubAdiputra | Odd Blogger | Programming


Kecepatan Koneksi Modem SMART EC1260-2 Pagi Hari

Setelah lama nggak menulis di blog ini, akhirnya kesampaian juga. Kebetulan beberapa hari kemarin nggak blogging gara-gara modem HP Smart yang lemotnya setengah mati. Ya maklum lah, dengan modal kecepatan download maksimal yang hanya mencapai kecepatan 115 Kbps memang sangat jauh dari kata memuaskan.

Kebetulan beberapa hari yang lalu saya baru saja menjajal modem SMART EC1260-2 black. Awalnya memang ada kendala, nggak tahu kenapa kok sinyalnya hanya 1 atau 2 strip. Tapi sekarang sudah normal kembali, signal strength excellent dan sinyal EVDO mencapai 3-4 strip (total 5). Bagaimana performanya?

Bisa saya katakan, “Lumayan dan saya puas.” Setidaknya sekarang download nggak terlalu lemot dengan modem HP yang dulu. Kecepatan rata-rata sampai 20-60 KBps untuk download. Untuk load halaman juga lumayan, begitu pula saat membuka video di Youtube. Tapi yang saya heran adalah tadi pagi. Waktu saya mendownload film kecepatan koneksi SMART tembus hingga 216 KBps (Byte bukan bit) !!! Apakah ini hebat?

Kalau dibandingkan dengan koneksi dewa yang lain, ya masih kalah. Apalagi kejadian tembus kecepatan download hingga 216 KBps ini hanya terjadi di antara pukul 6 sampai 7 pagi. Tapi dengan modal 100ribu sebulan kecepatan seperti ini bagi saya sudah sangat menggembirakan. Ini bukti screenshootnya :

Klik Untuk Memperbesar
Ada beberapa alasan bertaraf asumsi belaka yang tumbuh di otak saya, mengenai apa alasan fenomena ini bisa terjadi. Kebetulan fenomena ini baru saya temui di modem SMART.

1.   Ini terjadi di pagi hari, dimana orang pada sibuk sarapan, pekerja berangkat kantor, pelajar pergi sekolah, dan sebagian mahasiswa masih tidur. Sehingga pengguna SMART yang bergeliat dengan modem mereka masing-masing berkurang dari jam sibuk biasanya.
2.   Di pagi hari biasanya sinyalnya bagus. Mungkin sinyal juga suka dengan udara yang segar, bersih, anti bising, bebas polusi dan yang pasti nggak perlu sarapan pagi hari.
3.     Kebetulan pagi ini udara sagat cerah, tak ada mendung dan hujan.
4.    Modemnya masih baru, masih dapat jatah True Unlimited bebas kuota selama 2 bulan. Nggak tahu kalau batas jatah kuota habis apakah masih secepat ini atau tidak.

Ke depan saya akan melakukan riset kembali mengukur koneksi SMART di masa True Unlimited ini selama seminggu. Saya akan coba membandingkan kecepatan koneks interneti di beberapa waktu dan kondisi yang berbeda pada modem SMART tercinta ini. Happy searching dan wassalam...

4 Komentar:

  1. benar bro,kecepatan bisa naik di waktu waktu gak sibuk seperti pagi pagi sekali, saya juga pakai smart dan ketika memang kencang and stabil, tapi terkadang malamnya jam 10 kebawah agak bandel..hehe

    o ya saya dapat info dari CS nya smartfren katanya kartu bawaan modemnya disuruh ganti dengna kartu perdana smartfren anti lelet, kecepatnnya beda sih katanya..hehe
    coba ditelusuri lagi lebih dalam ya..slam kenal..:)

    BalasHapus
  2. @Habibi
    Wah, terima kasih informasi tentang kartu Smartfren Anti Leletnya Om hehe... Saya baru tahu tentang hal itu. Tapi sekarang kecepatan sudah turun drastis. Download pakai IDM sekarang kisaran 40-80. Ya tetap lumayan sih untuk download hehe...

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Waktu itu bukan quota Mas, kalau sekarang sudah nggak pernah pakai lagi.

      Hapus

Feel free to post a comment here. Tanggapan, pertanyaan, kritikan dan permintaan sangat berguna demi kemajuan blog ini. Mohon maaf untuk komentar spam dan yang hanya mencari backlink/beriklan atau kunjungan balik semata tidak akan ditampilkan. Be a smart comentator, thanks and happy surfing !!!

 

Statistik

Subscribers

Display Pagerank

Join This Blog