AyubAdiputra | Odd Blogger | Programming


Cara Agar Bisa SMS Lewat Modem Smartfren EC1260-2

Cara Agar Bisa SMS Lewat Modem SMARTFREN EC1260-2
Kali ini saya mau share pengalaman bersama modem Smartfren EC1260-2 dan yang jelas ini bukan promosi. Beberapa hari yang lalu saya menglalami kesulitan untuk mengirim SMS cek pulsa lewat modem Smartfren EC1260-2 yang sudah 2 bulan saya gunakan. Awalnya saya berniat untuk melakukan cek pulsa sebelum mengisi pulsa lagi dengan mengirimkan SMS ke 999 lewat modem. Dan hasilnya adalah gagal, gagal dan gagal. Pulsa habis mungkin mas, dasar kere? Nggak! Ngecek pulsa kan gratis, nggak ada hubungannya sama pulsa ya. Kecuali saya SMS ke nomor HP biasa. Kalau ngecek pulsa saja gagal otomatis buat mengisi pulsa lewat SMS pasti juga nggak bisa (mulai panik dan merasa gagal).

Setelah otak-atik setting modem sebentar, akhirnya saya bisa juga melakukan pengiriman SMS ke operator. Ternyata yang menjadi masalah adalah setingan jaringan atau bahasa gaulnya Network. Dari awal penggunaan modem saya selalu meggunakan setting jaringan EVDO Only. Dan untuk mengirim SMS kita perlu menggunakan jaringan CDMA atau Hybrid. Saya pun sudah mencobanya, dengan jaringan EVDO, SMS selalu gagal dikirim. Tapi kalau pakai CDMA, SMS langsung terkirim. 

Berikut langkah-langkah setting jaringannya :

1. Disconnect dulu jaringan internetnya 

Cara Agar Bisa SMS Lewat Modem SMARTFREN EC1260-2
Klik Untuk Memperbesar
2. Di tampilan aplikasi Modem SMART EC1260-2 pilih Tools >>> Options...

Cara Agar Bisa SMS Lewat Modem SMARTFREN EC1260-2
Klik Untuk Memperbesar
3. Selanjutnya akan muncul jendela menu Options selanjutnya klik Network dan ubah setting jaringannya ke CDMA Only atau Hybrid. Kemudian Apply dan terakhir OK

Cara Agar Bisa SMS Lewat Modem SMARTFREN EC1260-2
Klik Untuk Memperbesar
4. Nanti setting sinyalnya sudah berubah ke CDMA atau Hybrid

Cara Agar Bisa SMS Lewat Modem SMARTFREN EC1260-2
Klik Untuk Memperbesar
Kemudian cek dulu buat kirim SMS atau cek pulsa. Kalau sudah bisa ya gunakan pulsa Anda untuk SMS-an dengan bijak. Kalau sudah selesai bisa dikembalikan lagi setting Network ke EVDO only atau tetap mau pakai setting yang sekarang. Tapi tentu saja ada perbedaannya.

Terus apa beda CDMA, EVDO dan Hybrid? Untuk lebih jelasnya buka saja link referensi yang ada di bawah dan kalau belum puas browsing sendiri. Kebetulan saya sudah browsing dan mendapatkan penjelasannya. Kalau CDMA itu pakai settingan jaringan GPRS dan kecepatan maksimal hanya 153 Kbps. Jadi nggak secepat EVDO yang sampai 3.1 Mbps (ya tergantung paket juga, kebetulan saya pakai yang maksimal sampai 384 Kbps). Sedangkan Hybrid itu gabungan EVDO dan CDMA. Jadi tetap bisa telepon dan SMS serta menikmati bahan bakar jaringan EVDO untuk berkendara dengan modem. Pakai Hybrid tentu saja SMS lancar, koneksi juga anti lelet (bukan promosi).

Enaknya pakai mana? Terserah, kalau pakai CDMA ya bisa telepon dan SMS tapi kecepatan nggak secepat jaringan EVDO. Kalau setelah SMS setting jaringan dikembalikan ke EVDO Only ya nggak bisa buat SMS-an lagi tapi kecepatan maknyus up to 3.1 Mbps. Kalau pakai Hybrid bisa menggunakan layanan SMS dan kecepatan internet EVDO. Namun, jelas kerja modem makin berat. Modem harus kerja double, kalau ada SMS masuk ganti ke jaringan CDMA dan kalau lagi browsing ganti ke EVDO lagi. Jadi terserah agan-agan semua mau pakai yang mana. Yang penting modemnya jangan dibuang ya, ingat jangan dibuang

Apakah cara ini berlaku untuk modem yang lain? Kebetulan modem saya hanya ini, jadi belum saya praktekan di modem yang lain. Kalau ada salah dari artikel ini saya mohon maaf dan tolong dikoreksi. Terima kasih dan wassalam...

Referensi :


11 Komentar:

  1. hahahaa..aku di daerah jogja juga make modem smart..memuaskan bgt memang.. :D
    selain karena ga pake kuota, jga sinyal evdonya yg asyik. Cm sayangnya modem aku ndak bisa buka situs ttntu, misal aimini.net...hahaha..kenapa yah ?

    BalasHapus
  2. haha, baru tahu kalo hybrid, cdma cuman beda di sms, tapi kalo udah didesa harus pake cdma doang, evdo kagak ada sinyal. trims...

    BalasHapus
  3. @Nick Salsabiila
    Sama Mbak, aku juga pakai modem SMART yang maknyus hehe... Situsnya mungkin berat Mbak, jadinya susah dibuka.

    @dAnonim
    Hehe...iya Mas, mungkin sinyal EVDO belum sampai sana. Terima kasih kembali Mas.

    BalasHapus
  4. trima ksh pnjlasannya..
    aq tgl d jogja,
    tp wktu pulkam gk ad sinyal,
    stlh aq cek ternyata evdo kmudian aq ganti cdma & hsilnya bisa.
    kmudian aq coba cari ap perbedaan cdma,evdo,hybrid.
    dan akhirnya aq nyasar dimari.

    BalasHapus
  5. ga bisa kebuka atau keblokir , biasanya ada yang memang d blok . ganti dns aja :)

    BalasHapus
  6. Boywoe Kenyoutrez
    Saya juga kuliah di Jogja Mas (nggak ada yang tanya) haha... Daerah mana Mas, kok belum ada EVDO? Semoga ke depan daerah Anda sudah kena EVDO hehe...

    Anonim
    Terima kasih banyak buat tambahan ilmunya Mas hehe... Tetapi saya memilih cara lain mungkin, biar tidak merugikan kedua belah pihak hehe...

    BalasHapus
  7. tapi kalau pulzanya Rp 0, gimana mas
    sedang smart saya gak bisa digunakan

    BalasHapus
  8. tolong di balas ya pak bloger
    hehehe.....

    BalasHapus
  9. Imam Sujaswanto
    Tetap bisa SMS mas, tapi hanya sekedar cek pulsa dan beberapa layanan grais dari Smart. Tapi untuk SMS ke No HP lain ya nggak bisa karena nggak ada pulsanya hehe...

    BalasHapus
  10. berarti klo mau isi pulsa ke modem,itu harus diset ke hybrid dulu yha...?

    BalasHapus
  11. Anonim
    Biasanya, saya kalau mau mengisi pulsa di modem dengan menggunakan voucher pulsa, saya merubah dulu network settingnya menjadi CDMA biar bisa mengirim SMS yang berisi 16 kode nomor voucher untuk pengisisan pulsa. Kemudian cek pulsa dan langsung mendaftar paket unlimited 30 hari.

    BalasHapus

Feel free to post a comment here. Tanggapan, pertanyaan, kritikan dan permintaan sangat berguna demi kemajuan blog ini. Mohon maaf untuk komentar spam dan yang hanya mencari backlink/beriklan atau kunjungan balik semata tidak akan ditampilkan. Be a smart comentator, thanks and happy surfing !!!

 

Statistik

Subscribers

Display Pagerank

Join This Blog