AyubAdiputra | Odd Blogger | Programming


Perpanjangan Domain Dan Penggunaan Whois Privacy

Penggunaan Whois Privacy, Masalah Rahasia Data Domain
Alhamdulillah, saya masih diberikan kesempatan untuk merawat blog ini. Kemarin sore tepatnya saya sudah selesai memperpanjang domain blog AyubAdiputra ini. Walaupun, blognya jarang diupdate sekarang, tapi rasanya enak juga kalau Blog ini diperpanjang 1 tahun ke depan. Kebetulan harga domain juga nggak naik, masih sama seperti 1 tahun yang lalu. Cocok untuk kantong mahasiswa kayak saya.


Kebetulan saya pengguna IDWebhost penyedia Hosting asal Indonesia (cinta produk dalam negeri). Kebetulan kemarin ada uang lebih, sekalian mau coba salah satu layanan dari ID Webhost Whois Privacy. Whois Privacy ini digunakan untuk menyimpan data pribadi saat kita mendaftarkan domain. Termasuk nama kita, contact number, email dan alamat tempat kita tinggal. Terus apa alasan saya menggunakan Whois Privacy?

Pertama adalah coba-coba, hitung-hitung tambah pengalaman. Saya bukan orang terkenal dan tidak takut bakalan diculik (siapa gue ??? Bukan ultraman ataupun musuh Batman). Yang jelas, saya ingin melindungi data pribadi saya. Terutama alamat, email dan nomor telepon, buat keamanan saja. Takut kena sasaran spammer juga. Siapa tahu ada yang usil ngirim Email spam atau SMS aneh yang kalau nggak di forward ke 10 orang teman dekat kita bakalan kena sembelit 10 hari. Namanya juga hidup, kita nggak akan tahu apa yang akan terjadi ke depan. Selain itu, saya kira informasi kontak yang ada di blog ini sudah cukup untuk menghubungi saya. Beberapa orang juga pernah menghubungi saya lewat FB message, email dan berkomentar di blog. Tapi, ada pengecualian.

Bagi saya, blog atau website yang digunakan untuk keperluan bisnis seharusnya tidak menggunakan fasilitas Whois Privacy ini. Menurut saya ini akan mengurangi kredibilitas atau kepercayaan dari calon pelanggan. Bagaimana para calon pelanggan yakin uang dan transaksi mereka akan aman? Bagaimana kalau nanti pemilik blog atau website akan lari dari tanggung jawab jika ada permasalahan? Jadi biar makin yakin harus diberikan data lengkap alamat domainnya biar kalau ada apa-apa gampang nyarinya.

Berhubung blog AyubAdiputra ini bukan blog yang 100% money oriented (dikit sih) maka saya lebih nyaman kalau data pribadi saya simpan. Jadi kalau mau menghubungi bisa lewat daftar kontak yang tersedia. Blog ini blog personal, blog tempat menyalurkan hobby, belajar, berbagi dan berekspressi. Dan tentunya saya nggak akan menulis yang macam-macam di blog ini. Bebas berekpressi tapitetap bertanggung jawab. Salam blogging !!! 


4 Komentar:

  1. Wah, kayaknya keren juga dengan fasilitas yang menyembunyikan whois... terkadang memang penting untuk menampilkan data-data whois, apalagi bagi blog yang digunakan untuk jualan.

    Tapi, saya setuju sama mas Ayub. Blog/web pribadi sebaiknya whoisnya disembunyikan saja. Toh, tidak terlalu dipentingkan dan melindungi diri dari ulah iseng orang lain.

    BalasHapus
  2. @Mas Dearryk
    Iya mas, coba saja Mas. Ada yang gratis ada yang berbayar. Tergantung posisi penyedianya registrar atau registrant. Iya mas, blog seperti punya kita ini mendingan disembunyikan saja biar aman dari orang usil hehe...

    BalasHapus
  3. info menarik kang..., saya pingin nyobain

    BalasHapus
  4. Harun Ar
    Terima kasih Kang, dicoba saja biar tambah pengalaman Kang hehe...

    BalasHapus

Feel free to post a comment here. Tanggapan, pertanyaan, kritikan dan permintaan sangat berguna demi kemajuan blog ini. Mohon maaf untuk komentar spam dan yang hanya mencari backlink/beriklan atau kunjungan balik semata tidak akan ditampilkan. Be a smart comentator, thanks and happy surfing !!!

 

Statistik

Subscribers

Display Pagerank

Join This Blog