AyubAdiputra | Odd Blogger | Programming


Memulai Blogging? Perhatikan Ini Dulu!

Memulai Blogging? Hal Yang Perlu Diperhatikan
Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memulai blogging. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjamin kelancaraan lalu lintas dalam blogging nanti. Diharapkan nanti blog yang kita buat tidak asal jadi. Tapi juga bermanfaat bagi orang lain. Kita harus membuat blog yang hidup, artinya tidak terbengkalai dan terurus dengan baik. Apalagi ini masih menjadi awal dalam perjalan kita blogging. 


Rasa penuh semangat masih kental dalam perjalanan blogging kita. Kalaupun sudah membuat blog dan telah membeli jasa domain dan hosting sebaiknya mulailah berdisiplin diri dalam mengupdate konten blog anda. Apakah tidak rugi ketika kita telah mengeluarkan banyak uang membeli jasa hosting dan domain tetapi blog kita terbengkalai. Kalaupun yang gratisan kita hanya akan menghabiskan ketersediaan domain saja. Ingat Konten Orisinil Is King!

1.   Tentukan Tujuan Blog Anda

Saya sudah membahas hal ini dalam postingan saya sebelumnya berjudul Tujuan Membuat Blog? Hal  ini sangat penting karena akan menentukan kemana arah tujuan blog anda. Jika anda ingin share pengalaman pribadi anda, pendapat anda, ilmu pengetahuan, dan agar orang mengetahui apa yang kita pikirkan kita cukup menggunakan layanan gratis seperti Blogger dan Wordpress.  

Namun, jika anda memulai blogging untuk membuat sebuah blog professional, keperluan bisnis, atau lebih memantapkan kemapanan blog anda mungkin anda dapat memulai untuk menyewa jasa web hosting. Anda juga bisa mendaftar di jasa layanan web hosting gratis. Ingat, tentukan tujuan blog anda dulu agar nanti diharapkan blog anda tidak kalang kabut dan terkesan semrawut (seperti blog saya). Tujuan yang positif pasti akan memberikan hasil yang positif pula.   

2.   Temukan Target Pembaca Untuk Blog Anda

Secara tidak langsung dengan menentukan tujuan maka akan diperoleh sasaran. Kalau tujuan anda membuat tutorial blog berarti sasaran anda adalah para blogger yang memulai blogging seperti saya yang masih baru terjun dalam blogging. Pasti banyak yang mencari. Kalau tujuan anda ingin menyediakan jasa download berarti sasaran anda adalah para maniak lagu dan software baik gratis atau berbayar. Tanpa ada sasaran atau pembaca blog anda terkesan hampa bukan. Kayak blog ini yang masih sepi.   

3.   Mulai Mengisi Konten Blog Anda

Ini hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memulai blogging. Sekarang memulai hal yang menurut saya paling membuat acara blogging jadi menyenangkan. Pikirkan bahan apa yang akan kita sajikan buat pembaca? Mulailah posting artikel yang bermanfaat dan unik! Atau yang mau promosi produk yang menarik. Kalau ingin menampilkan lirik-lirik lagu langsung deh posting yang banyak. 

Saya sarankan untuk fokus terhadap tema blog anda. Terkadang kita memerlukan variasi postingan agar pembaca tidak bosan. Tapi jangan terlalu jauh. Misal blog anda konten utamanya adalah masalah seni musik, jangan tiba-tiba anda membahas cara menangani knocking pada mobil. Kan jauh tuh. Mungkin variasinya berupa berita terbaru. Misal kaitkan seni terompet vuvuzela dengan piala dunia. 

Sebelum memulai blogging saya punya saran yang wajib Anda lakukan. Sebaiknya konten anda orisinil, alias kreasi sendiri. Jangan pernah copy paste! Tidak kreatif! Saya juga melarang siapapun copy paste artikel! Apalagi copas tanpa memasukkan link sumber. Yang terpenting tidak digunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum. Tapi ada juga lho beberapa blog yang anda anti copy paste dan anti klik kanan. Kalau artikel kita copy paste entar dikira spam sama om google terus disentil akun kita. Bahaya!!!   

4.   Belajar Untuk Mengedit Postingan Anda

Belajar-dan terus belajar. Belajar menulis dan mengasah kreasi kita. Jujur saja semua artikel yang ada dalam blog saya ini sering saya utak-atik lagi. Saya sering mengedit agar tulisan saya jadi berkualitas. Saya akui tulisan saya belum berkualitas dan perlu banyak editing. Mulai dari artikel saya yang kurang berbobot. Selain itu juga pembenahan tanda baca. Tata bahasa yang terkadang tidak runtut dan lain sebagainya. 

Tapi tata bahasa yang tidak runtut juga memberikan suatu kreasi sendiri pada sebuah konten. Menurut saya tulisan yang baik adalah tulisan yang telah ditulis kembali. Maksud saya diedit, bukan ditulis lagi dari hasil copy paste. Menerima pembenahan dari teman adalah yang terbaik karena mereka lebih bisa menilai postingan kita.   

5.   Web Editor

Mulailah percantik blog anda dengan berbagai hal. Tapi jangan membuat blog anda menjadi berat karena anda akan kehilangan para pembaca. Kalau ada waktu anda dapat mempelajari software web editor yang berbayar dan dilindungi hak cipta seperti Dreamweaver atau yang gratis seperti Kompozer. Hahag...jujur saya saja tidak ahli dalam hal ini (omong kosong donk...hahag). 

6.    Mulai Pelan-Pelan Mempercantik Template

Apakah penting? Saya kira cukup penting. Ini dimaksudkan untuk menghilangkan efek bosan dengan tampilan. Tetapi jangan suka gonta-ganti template kenap? Karena kita perlu memberikan identitas yang jelas untuk blog kita. Selain itu berganti-ganti template membuat kita kewalahan dalam melakukan editing template blog. Saran saya jangan sampai loading blog Anda terlalu berat. Selain itu, jangan terlalu sibuk merubah tampilan dan mengabaikan update.

7.   Mulai dan Kembangkan Blog Anda

Sudahlah, percuma kita belajar hal-hal ini jika sekarang kita tidak memulai blogging segera. Mulailah blogging dan update terus isi blog anda agar blog anda tidak terbengkalai. Kalau bisa posting artikel anda dengan terjadwal. Hal ini sebagai sarana untuk melatih kedisiplinan anda. Mulai belajar SEO  pada awal dan belajar tutorial blog dari teman-teman kita. Tapi jangan belajar SEO terus entar jadi lupa update! Ayo mulai Blogging sekarang!!!   

Mungkin beberapa hal diatas dapat dijadikan acuan anda sebelum memulai blogging. Masih banyak kekurangan dalam artikel diatas, tapi saya harap ada beberapa manfaat yang bisa anda peroleh. Terima kasih.


0 Komentar:

Posting Komentar

Feel free to post a comment here. Tanggapan, pertanyaan, kritikan dan permintaan sangat berguna demi kemajuan blog ini. Mohon maaf untuk komentar spam dan yang hanya mencari backlink/beriklan atau kunjungan balik semata tidak akan ditampilkan. Be a smart comentator, thanks and happy surfing !!!

 

Statistik

Subscribers

Display Pagerank

Join This Blog