AyubAdiputra | Odd Blogger | Programming


Cara Mengatasi Invalid Compiler Pada CodeBlocks


Di siang yang cerah sedikit mendung ini (khusus daerah Yogya dan sekitarnya) saya kembali ingin berbagi mengenai bahasan seputar C++. Terakhir saya membahas File Header C++. Kali ini tentang cara mengatasi invalid compiler pada CodeBlocks. Keterangan error-nya berbunyi : "Test - Debug" uses an invalid compiler. Kebetulan dalam kasus yang saya alami ini juga memakan korban lain pada IDE di Laptop saya. Jadi di Laptop saya yang error bukan cuma Codeblock, tapi juga Netbeans. Pertama saya kira Laptopnya yang error, masak ya beli Laptop baru. Kan nggak lucu kalau masuk Headline koran, “Ditemukan Laptop yang Terjual Murah karena Invalid Compiler” (hahaha..). Di sini ada 2 cara. Kebetulan lagi cara yang kedua juga berlaku untuk Netbeans. Langsung saja dibahas cara-caranya.


Cara 1

Cara ini saya coba di CodeBlocks 10.5, yaitu mengatur Compiler C++ apa yang digunakan pada CodeBlocks (MinGW32-g++) dan mendeteksi keberadaan Compiler tersebut. Cara ini saya temukan habis Googling. Langkah-langkahnya sebagai berikut (klik gambar untuk memperbesar) :

1.     Pada Menubar pilih Settings
2.     Lalu pilih Compiler and Debugger

Settings lalu Compiler Debugger

3.   Selanjutnya akan muncul jendela baru Global Compiler Settings. Pilih Toolchain executables, pada CodeBlocks ini compiler C++ yang digunakan adalah mingw32-gcc.exe.
4.  Di bagian kanan form Compiler’s installation directory, ada Auto Detect. Klik tombol Auto Detect agar si CodeBlocks mencari sendiri dimana posisi installer tersebut terinstall

Toolchain Executables >> Auto Detect
5.    Muncul jendela baru yang menyebutkan posisi compiler tersebut terinstall, klik OK

Klik OK
6.    Pengaturan selesai, akhiri dengan mengklik tombol OK. Sekarang dites, coba run and build kode C++ sederhana, misal Hello World bawaan Codeblocks.

Lokasi Compiler
Kalau masih gagal coba pakai cara yang ke-2 yaitu download mingw32-g++.exe sebagai compiler C++. MinGW adalah singkatan dari Minimalist GNU for Window. Kebetulan saya pakai Windows 7 32 bit.

Cara 2

1.   Download mingw32-g++.exe, filenya kecil kok, sekitar 88 KB. Bisa cari sendiri di Google, kalau saya download di http://www.2shared.com/file/R1lYBRL2/mingw32-g.html

Download Compiler MinGW32-g++.exe
2.     Setelah didownload, coba klik aplikasi tersebut 2 kali

Klik 2 kali pada mingw32-g++.exe
3.     Terakhir tes. Coba build dan run kode C++ sederhana. Kalau sukses hasilnya seperti ini.


Berhasil Build and Run
4.     Kalau masih gagal saya mohon maaf karena cuma ini yang saya tahu (hehehe...)

Cara ke dua ini juga menyelesaikan masalah yang sama pada Netbeans. Jadi bisa saya simpulkan Compiler C++ Mingw32 di laptop saya waktu itu punah alias hilang. Entah kesalahan waktu uninstall salah satu aplikasi atau apa saya juga nggak tahu. Yang penting sekarang sudah normal. Mohon maaf kalau ada yang salah dan ada yang gagal. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih. Happy Coding !!!


Referensi :

0 Komentar:

Posting Komentar

Feel free to post a comment here. Tanggapan, pertanyaan, kritikan dan permintaan sangat berguna demi kemajuan blog ini. Mohon maaf untuk komentar spam dan yang hanya mencari backlink/beriklan atau kunjungan balik semata tidak akan ditampilkan. Be a smart comentator, thanks and happy surfing !!!

 

Statistik

Subscribers

Display Pagerank

Join This Blog