AyubAdiputra | Odd Blogger | Programming


Berkenalan Dengan Compete Rank

Apa Itu Compete Rank
Baru saja saya meluncurkan artikel tentang Add On Toolbar ANT dari pelataran Laptop. Kali ini saya mau lanjut menggosip bersama Anda tentang salah satu artis papan atas. Compete Rank, sebuah nama yang asing bagi indra pendengaran saya. Bukan alien musuh BenTen ataupun saingan Ultraman. Compete Rank adalah salah satu sistem ranking yang digandrungi kalangan blogger dan situs owner kelas atas Amerika. Khususnya mereka yang doyan berbisnis online. Bahkan, kebanyakan (kebanyakan lho ya, nggak semua) blogger USA lebih memilih Compete Rank daripada Alexa Rank dari sisi analisis.

Sebenarnya saya belum terlalu mengenal dekat si Mas Compete Rank. Saya sudah daftar tapi masih gratisan. Dan sepertinya, sekarang sudah tidak bisa bayar gratisan. Dan juga ketika login tidak ada halaman tentang data akun kita. Mau PRO tapi ingat kantong mahasiswa nggak seberapa (ngerampok dari mana coba 199$/bulan). Kenalan juga belum lama, baru sempet ngopi bareng di angkringan. Lahir pada tahun 2000 dan baru dikeluarkan secara public pada tahun 2006. Merupakan salah satu sistem penilaian yang favorit di negara Paman Sam. Why?

Karena Compete Rank lebih memfokuskan diri pada negara USA. Tadi saya juga sudah mencoba memasukkan beberapa blog Indonesia dan kebanyakan Compete Rank tidak punya datanya. Alasannya karena traffic yang terlalu sedikit atau Compete Rank sendiri tidak memiliki data yang mumpuni. Jadi untuk blog traffic menengah kayak blog ini (traffic dari bawah ke dasar jurang) lebih baik melakukan perbandingan pakai Alexa.

Compete Rank memiliki metode penilaian yang lebih luas, detil, dan sesuai target riset pemasaran dibandingkan dengan Alexa. Contoh saja ambil situs yang besar sekelas Facebook. Dari data statistik yang saya amati terlihat jelas berapa jumlah Unique Visitor yang masuk sepanjang tahun. Fitur Unique Visitor ini tidak ada di Alexa yang gratisan. Bahkan, untuk bulan Maret saja ada 141 jutaan Unique Visitor dan 3,8 Milyar orang yang masuk ke Facebook !!!!
  
Data Unique Visitor Facebook
Klik untuk memperbesar
Selain itu, kita bisa membandingkan beberapa situs dalam satu table Grafik. Dan proses reloadnya juga nggak lama. Hasil perbandingannya juga dengan angka yang jelas, bukan dalam persen seperti Alexa. Ini dia salah satu hasil saya untuk membandingkan beberapa situs. Antara Facebook, Google, Amazon, Twitter dan Youtube. Silahkan diklik untuk membukanya dalam halaman baru.

Unique Visitor :

Data Pengunjung Facebook Bulanan
Klik untuk memperbesar

Visitor:

Klik untuk memperbesar

Kita juga dapat mengamati jumlah pengunjung yang masuk, page view, rataannya, search analytics, tags yang digunakan, dan beberapa fitur lain yang hanya bisa digunakan untuk member Pro berharga minimal 199$ / bulan (memang tak semua bisa gratis di dunia). Dan saya pun berhenti bermimpi untuk menyelam lebih dalam limbah Compete Rank.

Secara mendasar penilaian Tante Alexa dan Mas Compete beda-beda tipis. Compete Rank lebih fokus untuk menilai dan menghitung jumlah unique visitor. Jadi bagi penggiat dunia advertising dan bisnis online hal ini dirasa lebih mengena dan sesuai target dari pengiklanan. Dengan logika kalau unique visitor ini adalah pengunjung yang baru saja mengetahui blog, website atau produk dalam situs tersebut.

Intinya sih Compete Rank sangat baik digunakan untuk warga USA dan juga situs besar kayak Kaskus. Sedangkan luar USA lebih bagus pakai Alexa. Saya sendiri juga jarang mantengin Compete Rank (lha terus kenapa pakai ditulis !!). Kebetulan saja saya penasaran dengan salah satu item di toolbar Quick Search Status Firefox saya. Dan semoga saja ada yang tertarik untuk ikutan Compete Rank untuk melakukan riset. Apalagi para blogger yang sasaran pengunjungnya para turis. Jadi saya bisa ikut nimbrung belajar gratisan dengan Anda.

Sudah segitu dulu ahh, takut makin menyesatkan. Dan hanya itu beberapa hal yang saya tahu seputar Compete Rank. Semoga berguna dan menambah wawasan kita tentang weblog dan pernak-perniknya. Kalau bermanfaat ya syukur, nggak ya maaf. Salam blogging.

32 Komentar:

  1. Oh, ini ya yang namanya compete rank yang pernah mas Ayub beritahu itu. Tapi, saya lebih suka menggunakan Alexa Rank saja walaupun setiap hari rankingnya anjlok terus.

    Saya kurang tertarik dengan compete rank karena sasaran pengunjung saya bukan turis/bule. hehehe...

    BalasHapus
  2. Hem... aku sering denger Blogger USA ngomongin ini di Forum mereka klo aku lagi nimbrung, cuma karena gak gitu ngurusin Rank dan lebih seneng ngobrol sama mereka ketimbang daftar2 lagi, jadi aku emank belum pernah register ampe sekarang haha.... lagian kayanya itu sifatnya regional deh kaya Directory Indonesia hhe.. :) mbuh lah cuma mau nulis aja aku haha...

    Maaf baru kesini lagi Sob.. semalem mati listrik jadi gak bisa langsung hadir disini :)

    BalasHapus
  3. komentar dolo gan ntar aku baca kapan-kapan BTW smartfren conex nya manteb bgt gan dipake di semarang di batang sinyal gak bagus...zzzz ntar coba keliling rumah sinyal mana yang bagus cuma cepet panas yah gan hihih dapet harga promo 199rb kalo mau beli buruan gan, soalnya katanya CS nya promo cuma tinggal minggu ini

    BalasHapus
  4. cuma untuk USA aja nih, kalau saya pakai google analytics untuk melihat statistik blog.

    Salam kenal,
    RegiAdi

    BalasHapus
  5. @Mas Dearik
    Iyap betul mas, kalau untuk Indonesia enakan pakai Alexa. Tapi untuk analisis pengunjung sebenarnya enakan pakai statistik counter kayak Google analytic atau Histats hehe,,,

    @Mas Ferdinand
    Hehe...saya juga nggak mudeng mas. Ini saja kemarin kesasar dan sempet daftar. Sekalian belajar sedikit siapa tahu hasilnya yahut hehe... Itu PLN memang nakal mas, sering mati lampu hehe...

    @Haqi
    Wow...lemot??? Hemm...sudah nyaman pakai HP Smart Om, multifungsi. Bisa digunakan untuk SMS atau telpon juga hehe...selain itu nggak ada duit, masih terlilit hutang Hindia Belanda.

    @RegiAdi
    Iya luar bisa Sob, cuma ngggak terlalu komplit datanya hehe...
    Salam kenal juga gan.

    BalasHapus
  6. Kira untuk situs pusat info lomba terbaru milik saya bisa ngga' ya,....

    BalasHapus
  7. @Bangngangan
    Bisa saja sih mas, tinggal ada data yang memadai nggak di sana.

    BalasHapus
  8. ini juga bisa buat nelpon dan sms cuma lewat lepi ...

    BalasHapus
  9. @Haqi
    Ternyata bisa juga ya, sekali-sekali perlu dibuat tutorialnya itu hehe...

    BalasHapus
  10. HAAHAHAHAHA... ternyata itu to maksudnya compete rank.. kirain apa soalnya stat di blogku n/a truss.. makasih infonya mas...

    BalasHapus
  11. @DNA-Unik
    Walah...sama kalau gitu sob, punya ku juga masih n/a. Malah bagus masih putih hahahg...

    BalasHapus
  12. gimana cara pakenya?

    atau cara kerjanya?

    jika ada waktu mohon berkunjung ke blog saya sambil membawa jawabanya :)

    BalasHapus
  13. @Tutorial Photoshop
    Cara pakai dan kerjanya sama seperti perangkat rangking yang lainnya gan. Hanya saja di sini berbayar dan situs yang punya traffic sangat tinggi saja yang dicounter oleh Compete Rank. Iya Om, nanti saya mampir, lagi ada kegiatan offline hehe...

    BalasHapus
  14. saya juga pake webrank toolbar, dan saya perhatikan rank compete ga pernah berubah, ternyata harus daftar juga ya mas?

    BalasHapus
  15. ouh begitu ya sob...saya juga penasaran pengen daftar compete Rank...saya jg pasang webrank toolbar masalahnya gak pernah berubah rank compete,...makasih info nya

    BalasHapus
  16. dmn daftar rank compete mas???

    BalasHapus
  17. Lumayan detail gan, puas saya membacanya. tengkiu

    BalasHapus
  18. tulasan dan gaya bahasa yang menarik, terimakasih mas infonya

    BalasHapus
  19. Medgag
    Nggak tahu juga Mas, tapi blog Indonesia jarang yang punya rank dari compete. Kalaupun mau daftar juga harus bayar Mas.

    Juru Indra Download
    Kalau mau daftar juga harus bayar Mas, jadi kayaknya percuma hehe... Sekedar buat pengetahuan saja.

    Maxup01
    Sekarang sudah nggak bisa Mas, sudah saya cari. Sekarang kalau mau daftar harus bayar. Akun saya yang lama ketika login nggak ada data tentang diri kita juga. Jadi percuma daftar, buat pengetahuan saja hehe...

    Dotnex
    Oke, terima kasih kembali Gan.

    Make Money Free
    Terima kasih mas hehe...

    Cara Membuat Blog
    Iya Mas, selain page rank dan alexa rank hehe...

    BalasHapus
  20. Wah telat saya, sekarang sudah ga bisa daftar compete rank lagi secara gratis

    BalasHapus
  21. Om Tiger
    Haha...saya juga sudah nggak bisa dipakai akunnya, cuma login dan logout saja. Informasi tentang saya juga sudah tidak ada lagi di dalam situs Compete.

    BalasHapus
  22. trimakasih infonya gan..angka compete rank ku hilang timbul gan...agak lebih kurus dari Alexa...pernah ada beberapa hari...lalu hilang lagi...natar tibul lagi..ga tahu kenapa...ya sudahlah ga apa2...salam gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya itu belum ter-index di Compete Rank Pak.

      Hapus
  23. bener kata agan, tergantung visitornya dari mana, us atau indonesia. ini sebagai alat analisis cukup bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk analisis dengan Compete Rank saya belum pernah mencoba hehe...

      Hapus
  24. ok brothers....situs saya sudah dapat compete rank tapi gak ngerti apa maksudnya, jadi saya cari di embah google lah munculnya artikel brother ini. thaksss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...selamat ya Gan kalau sudah dapat Compete Rank.

      Hapus
  25. Besar juga ya sebulan. tapi buat tambah ilmu rak opo opo....

    BalasHapus
  26. url nya compete rank apa ya? web di indo memang belum begitu familiar dg yg satu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini masih jarang dipakai Mas, kayaknya yang pakai juga situs luar saja.

      Hapus

Feel free to post a comment here. Tanggapan, pertanyaan, kritikan dan permintaan sangat berguna demi kemajuan blog ini. Mohon maaf untuk komentar spam dan yang hanya mencari backlink/beriklan atau kunjungan balik semata tidak akan ditampilkan. Be a smart comentator, thanks and happy surfing !!!

 

Statistik

Subscribers

Display Pagerank

Join This Blog