AyubAdiputra | Odd Blogger | Programming


Faktor Dan Cara Mengatasi Kejenuhan

Faktor Dan Cara Mengatasi Kejenuhan
Siapa yang tidak pernah merasa jenuh dalam kehidupan sehari-hari ? Hanya manusia yang sempurna (nggak ada yang pasti) yang tak pernah merasakan kejenuhan. Karena pada dasarnya kejenuhan adalah momen yang pasti akan dilalui manusia. Baik itu kejenuhan dalam belajar, bekerja, aktivitas rutin, relationship, tugas seabrek dan sebagainya. Faktor apa saja yang menyebabkan kejenuhan? Terus bagaimana mengatasi kejenuhan yang sering kita alami? 

Caranya mudah kok! Menghindari semua faktor yang bisa membuat Anda jenuh (semua orang juga tahu). Atau setidaknya mengurangi berbagai macam hal yang bisa membuat Anda jenuh. Jenuh itu bisa saya artikan sebagai suatu hal yan penuh, padat merayap dan membosankan. Kejenuhan bisa terlihat dari tingkah laku seseorang yang tidak semangat, ekspresi wajah yang tidak biasa, sikap yang berubah dan biasanya kebanyakan mengeluh.

Menurut pengalaman saya pribadi banyak sekali faktor yang mempengaruhi kejenuhan. Diantaranya : hilangnya motivasi, kegiatan yang monoton, tak tercapainya suatu tujuan, tidak kondusifnya lingkungan, terlalu banyak kerjaan, dan berada dalam tekanan berlebihan. Dan alhamdulillah saya termasuk orang yang sangat sering dan mudah jenuh (#eeaaa...ahahaha).

Bagi saya pribadi cara terbaik mengurangi dan menghilangkan rasa jenuh adalah dengan melakukan suatu hal saya suka dan keluar dari rutinitas harian. Misal, kalau saya lagi jenuh Online, entah itu ketika terjangkit virus malas blogging, social network, PTC dan kegiatan online lainnya saya lebih memilih untuk mematikan piranti online dan menguburnya sementara dalam lemari.

Saya lebih memilih mengerjakan pekerjaan rumah atau ngelayap entah kemana. Begitu pula sebaliknya, kalau lagi jenuh dengan rutinitas offline saya lebih memilih untuk online di forum, jejaring sosial, kadang blogging dan seabrek kegiatan di depan pelataran Laptop.

Selain itu, melakukan kegiatan yang di luar kebiasaan juga bisa menjadi sebuah solusi. Misal yang tadinya tidak biasa mengurusi tanaman di rumah, sekarang sering ikutan nyiram, ngasih pupuk dan melakukan pemisahan tunas. Hal ini diharapkan bisa menjadi variasi baru dan juga memperoleh semangat baru dalam beraktivitas. Terkadang juga ada efek kangen yang muncul ketika kegiatan yang menjenuhkan itu cukup lama kita tinggalkan.

Jangan jadikan kejenuhan menjadi alasan bagi kita untuk keluar dari tanggung jawab. Misal gara-gara tugas kuliah seabrek, kita tinggalkan karena kita jenuh menghadapi itu semua. Biasanya karena tekanan deadline, bosan melihat tugas banyak dan itu-itu saja. Cara yang bisa dipilih adalah dengan mengerjakan tugas sambil mendengarkan lagu. Memilih tempat untuk mengerjakan tugas yang lain. Mencari cemilan dan minuman favorit dalam mengerjakan tugas. Dan menyelingi mengerjakan tugas dengan kegiatan kecil yang tidak mendominasi tanggung jawab utama kita (biasanya disambi PB malah kelupaan ngerjain tugas...#eaaaa).

Mengurangi tekanan juga bisa menjadi solusi jitu mengurangi kejenuhan. Misal dengan sesekali menganggap rutinitas dan tugas-tugas kita sebagai hobi dan kebutuhan bukan sebagai kewajiban. Sehingga kita merasa perlu melakukan itu karena akan memberikan efek bahagia, bukan karena tekanan yang jika tidak dilakukan akan membawa masalah. Tapi tetap ingat, untuk tidak terlalu menyepelekannya.

Ada lagi cara lain yang sering saya terapkan, yaitu pergi ke tempat luas seperti pantai dan kebun untuk menghirup udara bebas. Memandang jauh ke tempat yang jauh agar kita mampu memandang luasnya dunia dan melepas pandangan dari huruf dan angka yang membuat kita sumpek. Dan yag jelas membuat kita makin bersyukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan sehingga kita masih diberi kesempatan sampai saat ini untuk menikmati hidup.

Semoga beberapa faktor dan cara mengatasi kejenuhan ini berguna khususnya bagi saya sendiri (takutnya Omdo) dan umunya bagi yang baca. Semoga kejenuhan kita hilang dan timbul semangat baru dalam beraktivitas. Have a nice day !!!

32 Komentar:

  1. Kalau saya sedang jenuh dan butuh inspirasi, dulunya berkunjung ke PutraInspirasi, tapi kalau sekarang ke AyubAdiPutra.com.

    Kejenuhan itu biasa, Mas Ayub. Malah, orang yang tidak pernah jenuh bisa disebut aneh.

    Kalau saya sendiri, cara untuk menghilangkan kejenuhan blogging adalah dengan main PS, badminton, kelayapan atau tidur saja.

    BalasHapus
  2. mampir lagi dan kali ini coba nulis komentar..ttg jenuh ya manusiawi, cuman banyak kok solusi membuangnya. Lakukan hal yang blm pernah kita lakukan! atau sholat heheheh...minta sama Allah Swt agar hilang jenuhnya...masih blm bisa ya sholat Hajad atao sholat tahajud.Blm pernah kan? coba..tar ga jenuh...:))

    BalasHapus
  3. @Mas Dearryk
    Wah...terima kasih mas, cuma sekarang inspirasi dari blog ini mulai hilang hehe... Wakakaka...seneng banget saya mas, kalau disuruh main PS 3. Apalagi di tempat saya lagi ramai-ramainya PES hehe...kapan-kapan perlu tanding nih :D

    @Mas Adit
    Hemmm...belum pernah nyoba mas Adit, sholat Terawih saja sering bolong hehe... Tapi akan saya coba Mas Adit, karena dengan Tahajjud hanya ada komunikasi kita dan Allah. Terima kasih mas :)

    BalasHapus
  4. setuju! dengerin musik, menghirup udara bebas dan bersyukur atas segala sesuatu.. jenuh bisa membunuh diri kita, jadi manfaatkan kejenuhan menjadi hal positiv seperti ngeblog hehe. Semangat n happy blogging always! Makasih Ayub Adiputra..

    BalasHapus
  5. Ane kalau lagi jenuh langsung cari selingkuhan... wahkakakakka

    BalasHapus
  6. @Deeahzone
    Iya mbak, jenuh bisa membunuh...kreativitas, pikiran cerdas, dan segala hal positif yang sebenarnya bisa kita lakukan di lain tempat hehe... Sama-sama Mbak, happy blogging !!! :D

    @Niel Naga
    Wakakakka...ajarannya jelek banget sob. Nggak ikut-ikut ahh :D

    BalasHapus
  7. Hmm, wah saya lagi jenuh nih sama ngeblog. Tapi mau ninggalin blog buat refreshing aja, rasanya gimana gitu. Berat >.<

    BalasHapus
  8. @Iam
    Wah...sepertinya cinta mati ya mas sama blogging? hehe...atau tuntutan profesi mas? Kalau menurut saya sih tutup dulu sehari dan kerjakan hal lain. Mungkin ada sebuah pencerahan nantinya :D

    BalasHapus
  9. Klo jenuh Blogging sih sebenernya jarang, yg ada mungkin gak sempet blogging hhe... tapi klo jenuh sama aktivitas pastinya aku pun merasakannya Sob... dan klo aku sih ngatasinnya pasti pake MP3 haha.... YUI sih bisanya yg aku setel, ntar udah semangat ngudek kopi dulu baru lanjutin kerjaan haha... :)

    Itu ceritaku siank ini, apa ceritamu??? *ngapa jadi iklan haha..

    BalasHapus
  10. Saya mengatasi kejenuhan kadang dengan mendengarkan lagu dan blogging. Rasanya hilang dengan cara kedua itu. :)

    BalasHapus
  11. @Ferdinand
    Wow...hebat mas, kalau jarang jenuh. Selalu konsisten dengan kegiatan bloggingnya :D. Wah...minum kopi itu bisa ditiru nih Om, tapi masalahnya saya nggak terlalu doyan kopi hehe...
    Hahahahg...cerita saya di atas, ngemie yuk :D

    @DAW-XP
    Hehe...banyak yang dengan MP3 dan blogging ya, bisa jadi main point here. :)

    BalasHapus
  12. kalo aku, kalo lg ngrasa jenuh jalan2 aja dipinggiran sawah yg hijau sob...
    apalagi kalo cuaca gak terlalu panas terus byk angin sepoi2. bikin pikiran jd tenang..

    BalasHapus
  13. @Penghuni 60
    Wah...mungkin bisa saya coba itu sob biar makin nyaman saat menghadapi kejenuhan hehe... Tapi rumah saya jauh dari sawah dan itu dia kendalanya :D

    BalasHapus
  14. @mas ayub.

    saya sering merasa jenuh dan patah semangat berkenaan tugas kuliah dengan tekanan deadline dan terkadang tugas dan paper yang ditolak..
    semakin jenuh yang ada saya jadi ga fokus ke kuliah itu..
    dan biasanya kalau menjalin hubungan yang ada kuliah saya semakin hancur..
    saya butuh tempat" yang patut dikunjungi di daerah bogor dan bandung..tapi saya ga tau.. mungkin bisa diberi pilihan tempat" yang indah dimana ..
    mohon pencerahannya mas ayub..
    trimakasih mas

    BalasHapus
  15. Zain Up-Site Down
    Hemm...mohon maaf sebelumnya mas, kalau di daerah Bogor dan Bandung saya kurang tahu ya. Soalnya saya berdomisili di daerah Yogyakarta sekarang. Mungkin kalau mau mencari hiburan sebaiknya mengerjakan hal-hal kecil tapi baru Anda kenal mas. Misal yang tadinya tidak terbiasa dengan main game dicoba dulu, siapa tahu tertarik. Tapi kalau nggak cocok ya nggak usah. Sesuatu yang didasari sebuah paksaan memang biasanya nggak akan berjalan mulus mas hehe...

    Untuk tugas seabrek kalau bisa sih dikerjakannya dengan cara menyicil dan dijadwal mas. Nanti kalau banyak, tertunda dan dikerjakan sekaligus yang ada malah makin keteteran dan hasilnya malah kurang maksimal. Kalau motivasi mulai berkurang, sebaiknya sih mas mengingat-ingat apa saja hal yang mendorong mas untuk tetap kuliah? Apa yang jadi tujuan mas untuk kuliah? Apa hanya sekedar nilai, tulus belajar atau mencari pengalaman? Apa yang Anda cita-citakan setelah Anda mendapatkan ilmu dari bangku kuliah?

    Kalau masalah hubungan saya rasa sih introspeksi diri saja. Soalnya saya nggak terlalu berpengalaman dalam hal ini. Mungkin mudah saya menulis semua ini, tapi saya terkadang juga mengalami kesulitan yang sama. Yang terpenting niatnya dilurusin saja mas. Saya kira begitu mas, kalau ada yang salah saya mohon maaf. Semoga berkenan dan membantu, semangat !!!

    BalasHapus
  16. kalau jenuh karena ngak punya uang sama banyak hutang kayak apa solusinya..!!!!!

    BalasHapus
  17. @Jenuhnya Minta Ampun
    Kalau jenuh karena banyak hutang dan nggak punya uang solusinya cari kerja mas. Semoga masalahnya cepat mas selesai, amin.

    BalasHapus
  18. gmna kalo jenuh gara-gara ngga da kerjaan lain yang sekiranya di lakuakan?

    BalasHapus
  19. mmm ,,, pikiran ue ku nyalira

    BalasHapus
  20. Wah...artikel yang bagus...thanks....

    BalasHapus
  21. jenuh,belajar..tapi kalo buat refreshing,udah g ada waktu..soalnya mau uts..solusinya gmana dong?

    BalasHapus
  22. kala saya yang menjadi pemicunya adalah tujuan yang tidak tercapai

    BalasHapus
  23. Lala
    Kalau saya memilih untuk keluar cari makan, jalan-jalan atau tidur hehe...

    Rahmancyber
    Terima kasih gan, semoga bermanfaat.

    Diina
    Tetap belajar, tapi dibuat santai. Dan kalau bisa belajar juga jangan semua dihapal, yang ada pikiran semakin penuh. Kalau capek yang ditengah belajar diselingi nonton TV sebentar atau dengerin lagu atau online sebentar atau memejamkan mata sambil tiduran. Nggak baik juga baca buku terus. Tetap belajar santai, tapi serius biar ilmunya masuk hehe...

    Blogger Sorong
    Hehe...sabar Mas, kebanyakan penyebabnya ini juga.

    BalasHapus
  24. saya sedang jenuh, ini merupakan tulisan yang bermanfaat busat saya, terimakasih atas sharenya. salam sukses selalu!

    BalasHapus
  25. saya jenuh akan kehidupan
    gmana cara mengatasinya?

    BalasHapus
  26. Berbisnis Di Rumah
    Iya Gan, semoga bermanfaat, semoga sukses selalu juga !!!

    Anonim
    Hemm...jenuh dengan kehidupan? Apakah selama ini orientasi hidup Anda cuma masalah duniawi saja? Apakah yang membuat manusia bahagia hanya yang berbau duniawi saja? Tentu tidak. Sepatutnya kita juga berbagi waktu untuk beribadah, menundukkan diri kepada Tuhan. Karena yang memiliki kehidupan ini adalah Tuhan dan semua hal di masa depan adalah rahasia Illahi. Kata orang hidup itu kayak roda, hari ini kita banyak masalah, tapi siapa tahu dengan usaha untuk bangkit dan rasa syukur, kehidupan kita ke depan akan lebih baik dan semakin menikmati kehidupan kita esok hari. Sehingga kita akan selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang. Move On saja, kalaupun jenuh dengan berbagai permasalahan beberapa hari ini coba pecahkan satu per satu. Usahakan semaksimal mungkin dan terus berdoa agar batin tenang dan segala kegalauan cepat hilang, semoga jenuhnya cepat sirna. Habis gelap terbitlah terang, habis kalap terbitlah senang. Mohon maaf kalau pendapat saya kurang berkenan, saya cuma ingin membantu :)

    BalasHapus
  27. saya lagi jenuh dgn kerjaan saya ney mas..
    aneh nya itu, saya jenuh karena kga' ada krjaan yang bisa dikerjakan dkantor saya..sehari saja klo tidak ada kerjaan dkantor saya bisa pusing..ujung2 nya jadi jenuh dah..
    gmn cara mengatasi nya ya mas?
    thanks for sharing nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba saja dengan melakukan aktivitas lain Mas. Misalnya kayak dengerin lagu atau iseng nonton film (kalau boleh). Kalau merasa belum ada efeknya ya coba membantu teman kantor yang lagi repot. Biar Anda ada kerjaan lain.

      Hapus
  28. maksih banyak ya mas infonya .jadi sedikit terbuka tentang menangani kejenuhan dalam ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, sama-sama. Semoga ngeblognya lancar.

      Hapus
  29. Manteeeeeeeeeeeeeeeeeppppppppppp
    mbok ya aku diajak waktu rekreasi om :D hihihihi

    BalasHapus

Feel free to post a comment here. Tanggapan, pertanyaan, kritikan dan permintaan sangat berguna demi kemajuan blog ini. Mohon maaf untuk komentar spam dan yang hanya mencari backlink/beriklan atau kunjungan balik semata tidak akan ditampilkan. Be a smart comentator, thanks and happy surfing !!!

 

Statistik

Subscribers

Display Pagerank

Join This Blog