AyubAdiputra | Odd Blogger | Programming


Tipe Data Dasar C++

Beberapa hari yang lalu saya telah memasok suplai nutrisi berupa referensi software untuk belajar bahasa pemrograman C++. Kali ini saya akan kembali melanjutkan episode seputar C++ dengan artikel berjudul Tipe DataBahasa Pemrograman C++. Tipe data adalah suatu hal yang menggambarkan jenis nilai dari suatu obyek data (konstanta atau variabel) yang nantinya akan digunakan saat program dijalankan. Tipe data pemrograman C++ dibedakan menjadi 2 yaitu tipe data dasar dan bentukan. Kali ini kita hanya akan membahas tipe data dasar atau disebut pulsa sebagai tipe data bawaan dari bahasa C++. Tipe data dasar sendiri terdiri atas tipe data karakter, bilangan dan boolean. Berikut beberapa contoh tipe data dasa C++ yang sering digunakan :

TIPE
DEFINISI
NILAI
int
Bilangan Integer
-32768 to 32767
float
Bilangan Real
+/- 3.4e +/- 38 (~7 digits)
double
Bilangan Real dengan rentang lebih luas
+/- 1.7e +/- 308 (~15 digits)
long double
Bilangan Real dengan rentang paling luas
+/- 3.4e +/- 308 (~15 digits)
char
Karakter : bisa alfabet, simbol, operator, karakter khusus
Misal : A, b, $, + dan lainnya
boolean
Kondisi benar atau salah
Hanya ada nilai true untuk benar dan false untuk salah

Untuk membuat tipe data integer hanya menampilkan bilangan positif saja bisa menggunakan unsigned int. Beberapa tipe data yang lain dapat langsung dicek pada artikel Data Type of C++. Itulah beberapa tipe data dasar C++ yang dapat saya share hari ini, terima kasih dan Happy Coding !!!

0 Komentar:

Posting Komentar

Feel free to post a comment here. Tanggapan, pertanyaan, kritikan dan permintaan sangat berguna demi kemajuan blog ini. Mohon maaf untuk komentar spam dan yang hanya mencari backlink/beriklan atau kunjungan balik semata tidak akan ditampilkan. Be a smart comentator, thanks and happy surfing !!!

 

Statistik

Subscribers

Display Pagerank

Join This Blog