AyubAdiputra | Odd Blogger | Programming


FIle Header C++

Kali ini saya akan menulis mengenai file header pada C++. Artikel ini kelanjutan dari tulisan Struktur Dasar C++. File header adalah sebuah file yang digunakan untuk mendefinisikan beberapa file macro, fungsi, variabel dan konstan. File header nantinya akan mengandung beberapa fungsi atau perintah yang akan digunakan dalam program. File header ini sangat penting, karena beberapa perintah tidak akan dapat dijalankan jika file header yang mendukung perintah tersebut tidak ditulis dalam program. File header ini memiliki ciri bereksistensi “.h” dan diarahkan oleh preprocessor dirrective #include sebagai gambaran kepada kompilator bahwa beberapa fungsi yang terdapat dalam file header tersebut diikutkan dalam pembuatan program. Berikut ini beberapa contoh file header :

stdlib.h
File header stdlib.h menjabarkan beberapa fungsi umum dan marco termasuk manajemen memori dinamis, menjalin komunikasi dengan perangkat sekitar, membuat bilangan secara random, aritmatika bilangan integer, pencarian, pengurutan dan pengkonversian.

iostream
File header ini ditulis dengan diikuti using namespace std;. Memiliki beberapa perintah umum seperti cout untuk output dan cin untuk input.

stdio.h
File header ini merupakan singkatan dari standar input output. Jadi sudah jelas kalau perintah yang ada dijadikan sebagai standar input dan output. Contoh perintah : scanf, gets, printf, puts, putchar.

conio.h
File header ini merupakan singkatan dari Console Input and Output dan digunakan untuk membuat teks antarmuka pengguna. Contoh perintah : getchar, getch, getche, clrscr().

math.h
File header ini mengandung beberapa fungsi yang berhubungan dengan matematika. Contoh fungsi : sqrt(), po(), log10(), sin().

string.h
File header ini digunakan untuk memanipulasi sting dan array. Contoh fungsi : strcpy(), strlen(), strcat().

errno.h
File header ini berfungsi untuk melaporkan kesalahan yang terjadi melalui suatu kode kesalahan (error number).

ctype.h
File header ini mendeklarasikan seperangkat fungsi untuk mengklasifikasi dan mentransformasi karakter.

time.h
File header ini mengandung beberapa definisi fungsi untuk memanipulasi informasi tanggal dan waktu.

Berikut ini adalah contoh program yang menggunakan file header iostream dan stdio.h :

Berikut ini adalah screenshoot setelah program dijalankan :

Hasil setelah program dijalankan
Itulah penjelasan mengenai file header dan beberapa contoh fileheader, untuk lebih lengkapnya bisa dilihat pada artikel C Library ini. Semoga artikel file header C++ ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih, Happy Coding !!!

0 Komentar:

Posting Komentar

Feel free to post a comment here. Tanggapan, pertanyaan, kritikan dan permintaan sangat berguna demi kemajuan blog ini. Mohon maaf untuk komentar spam dan yang hanya mencari backlink/beriklan atau kunjungan balik semata tidak akan ditampilkan. Be a smart comentator, thanks and happy surfing !!!

 

Statistik

Subscribers

Display Pagerank

Join This Blog