AyubAdiputra | Odd Blogger | Programming


Mencari Inspirasi Yang Berserakan Dimana-Mana

Mencari Inspirasi, Ide Itu Ada Dimana-Mana
Terkadang banyak blogger yang merasa mencari ide menulis itu sungguh sulit luar biasa. Sehingga banyak sekali blogger yang sebelumnya sudah konsisten menulis akhirnya membelot.


Artikel ini ditujukan untuk menjawab salah satu pengunjung yang cerewet. Yang  kemarin berdialog dengan saya dalam artikel berjudul Blog Anda Hidup Atau Mirip Kuburan yang sempat booming di Putrainspirasi.

Ide itu sebenarnyaberserakan dimana-mana. Ide itu sangat banyak dan bisa dipungut untuk dijadikan bahan adonan sebuah artikel. Dan itu menjadi dasar saya berpikir. Bahkan, sampul odol bisa dijadikan lebih dari 100 artikel! Tidak percaya?! Saya juga tidak, belum pernah mencoba soalnya. Mari kita masuk ke contoh saja.

Sebagai contoh kecil saja :
Ketika saya bermain Football Manager, saya temukan banyak inspirasi menulis. Saya bisa menciptakan beberapa ide dalam satu kegiatan. Begini beberapa gambarannya :

1. Saya bisa menulis beraneka ragam tips ketika bermain Football Manager. Tentu saja tips itu harus benar-benar saya alami dulu.

Misal, formasi apa yang tepat unutk menghadapai tim dengan pola permainan 5-5-5. Formasi ini bisa dikatakan mustahil untuk dikalahkan karena belum pernah ada yang coba. Benar tidak? Misal maka saya pakai formasi 4-5-6 untuk mengatasi hal ini. Atau mungkin Anda bisa berikan tips latihan apa yang terbaik untuk meningkatkan kualitas pemain sesuai bidang.

2.  Saya bisa mengocok Football Manager dengan jalan cerita lain. Misal, “ternyata Koplak FC bisa juara Piala Dunia Antar Klub.” Atau tulis saja, “Hore!!! Indonesia Juara Dunia.”

Tulisan seperti di atas bisa dijadikan sebagai bukan sindiran atau bahan kritisi juga. Bisa juga dipangkas abis menjadi sebuah tulisan yang tidak lucu dan tidak konyol. Dan ini bukan salah satu contohnya :

Kemarin malam saya saksikan sebuah pertempuran yang paling fantastis di galaksi ini. Tepat di stadion Gelora Bung Karno Indonesia, Final Piala Dunia 2020 Waktu Layar Monitor. Para Garuda tanah air berjibaku mengharumkan nama bangsa melawan tim tangguh dunia Tim Sambel Sukses.

Saya melihat pertandingan masih datar-datar saja. Nampak bola masih menggelinding di dalam layar. Dan belum ada satupun serangan mematikan karena setiap pemain lupa membawa senjata tajam sejenis parang dan golok.

Untuk itu pelatih Indonesia Ayub Adiputra memasukkan pemain andalan mereka yang bermain di AC Milan, Putra Kencana. Maka terjadi perubahan drastastis dalam pertandingan tersebut. Pelatih Ayub mematok formasi 6-3-1 dengan menaruh Putra sebagai ujung tombak. Hal ini terbukti sangat efektif. Akhirnya Putra memutus kebuntuan di menit 90+2 dengan jurus tendangan elang. Hasil ini bertahan hingga usai pertandingan dan akhirnya Indonesia berhasil meraih gelar Piala Dunia 2020.

Saya pun berteriak histeris di dalam kamar. Meloncat ke dinding dari satu sisi ke sisi yang lain. Sontak seluruh tetangga saya terkejut bukan kepalang karena mereka tidak tahu ada beritanya. Ya maklum waktu itu tahun 2012 waktu normal. Dan bukan tahun penyelenggaraan piala dunia. Hanya saya saksi hidup kejadian langka tersebut. Tepat di layar monitor komputer rumah saya. Sayang hal itu hanya ada dirumah saya. Dan hanya terjadi di Football Manager.

3.  Bagi yang suka kawin paksa seperti saya maka gambaran ini sangat cocok buat Anda. Saya jujur gemar sekali mengawin paksakan antara pengalaman dengan tema blogging. Bagaimana hasilnya? Tidak tahu ada yang menanggapi ada yang tidak.

Contoh kecil saja :
“Tips Menciptakan Gol Berkualitas Untuk Blog Anda” Maksud saya di sini adalah menciptakan traffic berkualitas yang tidak hanya sekedar dengan blogwalking gaya kentut. Caranya? Sudah banyak dan tinggal di search di mbah google. Kalau tidak ada ya nanti dipikir sendiri. Kalau bingung akan saya tambahnkan kebingungan kepada Anda.

Beberapa hari lagi saya mau coba menulis dengan tulisan ini. Tapi saya belum dapatkan moment yang tepat karena terbentur tipisnya inspirasi. Maklum otak saya lagi memerlukan kemo terapi sekarang. Kalau ada yang mau tunggu mungkin tahun depan.

Itulah sebagian contoh yang bisa dipelajari. Emang ada yang mau mempelajari? Padahal belum ada yang saya coba tuh! Tapi itu hanya sebuah contoh. Dan berbagai contoh lain bisa diobrak-abrik di halaman dashboard anda sendiri-sendiri. Masak saya semua yang kasih contoh, buat sendiri lah!

Sebagai catatan saja bahwa sebagai seorang manusia kita harus mau mencoba dan jangan ragu dalam bertindak. Tanpa itu semua kita tidak bisa maju kawan. Jangan cuma jalan di tempat kalau sebenarnya kita bisa berlari. Salam blogger durhaka! Maju terus sepak bola Indonesia!!!???


4 Komentar:

  1. wah saya ga pernah maen football manager mas, hehe seringnya maen pro evolution, asyikk ! master leage juara berkali2 level hard hohohoh !!!

    mengenai inspirasi mas, sangat betul sekali, bahwa pengalaman bisa menjadi bahan utama sebuah artikel blog, selama itu bisa berguna dan bermanfaat bagi semuanya, ...

    memang, putra inspirasi penuh dengan inspirasi, hehe, btw kapan artikel yang berjudul “Tips Menciptakan Gol Berkualitas Untuk Blog Anda” akan terbit ? tidak sabar menunggu saya :D

    Semangat terus mas, Happy Blogging !

    BalasHapus
  2. huahahag...sampai bosen mas maen PES. tidak komputer sih, tapi di PS. soalnya menangan hahahag...

    hahag...sebaiknya memang harus yang bermanfaat tapi kalau tidak bermanfaat ya tidak apa-apa. yang penting enak di hati...hahahag...

    terima kasih mas, semoga saja...hehe...
    wah...belum tahu yang jelas bukan malam minggu dan minggu. 2 hari ini mau posting hiburan dan umum dulu ahh...hehe...
    itu banyak kog mas, tinggal dipungutin.

    terima kasih mas Andry, semangad juga!

    BalasHapus
  3. Enak banget mas jalau sudah nemu yang itu. Apa aja bisa jadi bahan menulis posting.
    Tapi....,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi apa Mas? Nanti juga bisa kok, kalau temanya yang disukai, jadi hobby atau keahlian pasti ada jalannya.

      Hapus

Feel free to post a comment here. Tanggapan, pertanyaan, kritikan dan permintaan sangat berguna demi kemajuan blog ini. Mohon maaf untuk komentar spam dan yang hanya mencari backlink/beriklan atau kunjungan balik semata tidak akan ditampilkan. Be a smart comentator, thanks and happy surfing !!!

 

Statistik

Subscribers

Display Pagerank

Join This Blog