AyubAdiputra | Odd Blogger | Programming


Posting Bukan Karena Mood!

Posting Bukan Karena Mood
Seperti biasa sampai saat saya mulai menulis ini saya belum mendapatkan ide untuk membuat posting apapun. Dan seperti biasanya pula akselerasi otak ini sangat rendah untuk bergerak untuk berpikir. Mungkin karena IQ yang rendah dan mudah lupa ingatan..hahaha. Ngomongin ingatan, saya dulu pernah mengingat sebuah blog tentang kumpulan hasil-hasil Liga Italia. Yang jelas waktu itu saya belum mengenal apa itu blogging dan segala tetek bengek mengenai dunia web. Yang jelas setiap 3 hari saya internetan saya pasti kunjungi web itu, apa ya webnya saya lupa.


Saya membutuhkan blog tersebut karena kehausan saya akan informasi Liga Italia. Jujur saya ini Milanisti (maaf buat pendukung tim yang lain..hehehe). Tapi saya juga cinta klub-klub Liga Italia mulai transfernya, hasil pertandingan, klasemen, profil pemain, stadion sampai hal yang berbau gosip pemain serie A. Seingat saya saat itu blog ini begitu lengkap walaupun tidak semua informasi ada disana. Blognya berbahasa Inggris dan bahasa penyampaiannya sederhana dengan penggunaan kosakata yang mudah dicerna tanpa perlu lihat kamus.

Setelah 2 minggu sibuk semesteran sekolah saya datang lagi ke website ini. Sebut saja website karena dulu arti www yang saya tahu adalah website. Tapi ternyata informasi di dalamnya sudah tidak update selama 1 minggu. Padahal saya ingin mengetahui tim yang akan promosi yang memang tidak ada siarannya dilayar kaca. Tapi saya tidak menanggapinya toh masih bisa cari di web lain. Inilah fungsi om google kita..hehehe.

3 hari berikutnya saya berkunjung lagi untuk melihat update persiapan bursa transfer Liga Italia. Waktu itu akhir musim mulai menjelang. Tapi apa yang saya lihat sangat mengejutkan. Pemilik website mengatakan, “I didn’t update my blog due to the bad mood, sorry.” What?? Jadi selama ini informasi penting saya hilang karena mood admin lagi jelek. Saya kira dia lagi sibuk bekerja atau ada kegiatan offline yang tidak bisa ditunda. Pasti saya mengerti dan maklum karena sayapun pasti begitu. Bagaimanapun juga kegiatan offline tidak bisa kita nomor duakan karena itulah hidup nyata kita. 

Waktu itu saya tidak terlalu marah toh saya masih bisa mencari informasi dari tempat lain. Tapi begitu mengecewakannya jika informasi yang kita tunggu kelanjutannya tidak juga datang. Seperti postingan blog anda. Pembaca pasti menunggu apa yang anda akan tulis. Mereka haus akan informasi dari blog anda. Mereka menanti apa yang akan anda curahkan. Mereka pasti sudah bersiap untuk memberikan komentar apa yang tepat untuk postingan anda. Mereka pasti bersiap untuk meramaikan blog anda.

Atau mungkin anda merasa masih pemula seperti saya dan takut tidak ada yang membaca postingan anda. Jangan takut postingan anda tidak dibaca. Seperti saya yang asal posting karena saya yakin ada yang baca. Karena saya adalah pembaca setia postingan saya. Saya tidak merasa malu untuk mengatakan hal itu. Paling tidak saya mau mengakui kenyataan. Kalau pun postingan saya tidak dibaca pastilah kurang menarik. Dan itulah pelecut untuk memperbaiki postingan kita.

Entah karena sedang jengkel atau senang. Sedih atau sedang hura-hura. Jangan pernah tinggalkan blog anda. Kalaupun anda marah curahkan semuanya dalam postingan anda. Tapi bukan berarti memaki di dalam blog. Kalaupun anda sedih menangislah dalam blog anda. Tapi bukan berarti setiap kalimat anda menyertakan emoticon menangis…hehe. Postingan hari ini pun saya buat dengan mood yang lagi jelek, karena bokek…hahaha...

Jangan biarkan mood membuat blog anda terbengkalai. Berikanlah informasi dari blog anda. Toh informasi itu minimal berharga buat anda. Kalau memang ide tidak datang setiap hari mungkin anda bisa mangatur waktu anda untuk posting. Postingan adalah raja bagi blog anda. Posting setiap hari=belajar menulis. Andrea Hirata saja yang penulis terkenal tidak terpengaruh mood dalam menulis. Buktinya dia sukses dalam setiap novelnya.

Mungkin ulasan di atas cukup untuk hari ini. Jangan biarkan suasana hati anda membengkalaikan blog anda. Anda boleh tidak setuju dengan pendapat saya. Anda boleh marah dengan tulisan saya. Tapi ini kejujuran hati saya. Paling tidak saya sudah belajar jujur. Saya sudah belajar menulis apa yang saya ingin tulis. Maaf kalau tulisan ini masih kacau balau. Maklum masih belajar. Tapi lama-lama saya sadar ini gaya tulisan saya…hehe. Sebagai penutup saya ingin mengucapkan Selamat Berpuasa bagi anda yang menjalakannya. Semoga puasa tahun ini memberi berkah bagi anda. Dan semoga selama puasa semangad blogging kita tetap terjaga. Amin. Terima kasih.

6 Komentar:

  1. Postingan yang menarik, mas ayub. saya setuju sekali, bahwa mood tidak boleh mempengaruhi kegiatan blogging kita.

    anggaplah kalau dunia online dan dunia offline itu berbeda. jadi, jangan membawa sesuatu yang negatif dari dunia offline ke dunia online.

    tapi kalau yang dibawa itu ha positif, saya setuju banget.

    saya juga mau mengucapkan selamat berpuasa bagi anda yang menjalankannya.

    BalasHapus
  2. ya itu tadi, mood jelek mood bagus curahkan saja pada blog asal tdk bersifat menyinggung atau memaki pihak tertentu, akhirnya jd bahan postingan jg deh

    BalasHapus
  3. dengan sedikit sentuhan kreatifitas dalam menuangkan kata-kata menjadi kalimat.. kalimat menjadi paragraf... sepertinya tak akan ada lagi alasan untuk tidak menulis di blog..

    waktu suasana hati senang, atau badmood bisa menjadi inspirasi menulis..
    mau situasi tenang atau kacau .. bisa jadi ide menulis juga..
    atau waktu punya uang atau lagi bokek, inspirasi menulis seharusnya tetap bisa mengalir.. karena akan selalu ada 1001 ide yang bisa dituangkan.. meskipun hanya untuk satu atau 2 paragraf saja..

    BalasHapus
  4. >>Dearryk
    terima kasih mas, terima kasih juga buat ucapannya...
    hehe..ia mas...
    nampaknya tidak baik juga kalau saya menaruh mood dalam postingan...
    karena toh urusan dunia nyata tak mungkin dicampur adukkan dengan dunia maya...hehe...

    >>Oempak
    haha...lha ini dia mas...
    saya juga takut klo posting sampai nyinggung orang..padahal saya cuma ingin menulis...saya masih perlu banyak belajar di sini...

    >>ALmaathur
    kreatifitas...kreatiftas...blogging memang tidak bisa lepas dari ini Pak...
    menulis dengan berbagai ide memang harus di coba...tapi terkadang ide itu bagi saya tidak selalu datang...tapi jika datang perlulah di catat,..hehe...agar tidak lupa...

    BalasHapus
  5. Hmm..dah makin lancar aja mas. Prinsip mas sama dengan saya: Munulis apa aja yg terlintas dan yg dialami. Cuma bedanya mgk pada blog saya, semuanya rata2 yg berhubungan dg blogging. Bahkan dg menulis pengalaman spt ini kita gak sulit lagi cari idenya. Krn yg akan ditulis itu dah jelas... Lanjutkan mas, krn saya juga ikut senang melihat mas dah rajin update.

    BalasHapus
  6. hahag...
    mudah-mudahan aja ini Pak...
    saya bisa posting terus...
    toh terkadang ide itu juga tidak kunjung datang...mungkin mereferensi dan pengalaman di dunia nyata bisa dijadikan postingan...hehe...
    update-update...

    BalasHapus

Feel free to post a comment here. Tanggapan, pertanyaan, kritikan dan permintaan sangat berguna demi kemajuan blog ini. Mohon maaf untuk komentar spam dan yang hanya mencari backlink/beriklan atau kunjungan balik semata tidak akan ditampilkan. Be a smart comentator, thanks and happy surfing !!!

 

Statistik

Subscribers

Display Pagerank

Join This Blog